ANALIS MARKET (22/6/2022) : IHSG Diperkirakan Bergerak Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, kemarin (21/6), IHSG melanjutkan penguatannya kemarin ditutup di level 7044.07 (+0,97%). IHSG kembali lagi ke atas level psikologis 7000. Penguatan IHSG masih dipengaruhi oleh penguatan pada sektor energi (+1,97%) yang mana terdorong oleh kenaikan harga batubara yang kembali mengarah ke harga 400 USD/ton. Selain itu penguatan disebabkan oleh sektor lain seperti sektor infrastruktur (+1,75%), dan sektor teknologi (+1,72%). Investor asing tercatat membukukan net sell sebesar Rp 354,64 miliar dengan saham-saham yang paling banyak dijual adalah: MDKA, ADRO, BBRI.

Secara teknikal, IHSG membentuk pola lower shadow yang agak memanjang dan membentuk candle putih sehingga berhasil menutup gap down, mengindikasikan IHSG dapat melanjutkan penguatan hal ini juga didukung oleh indikator stochastic yang mengalami golden cross serta IHSG telah di perdagangkan diatas MA 5. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk perdagangan hari ini yaitu: TLKM, STAA, HEAL, ICBP, MDKA, PTBA, ADRO, BRPT, JPFA, ITMG.

Di sisi lain, Bursa AS pada perdagangan kemarin ditutup menguat setelah mengalami libur akhir pekan yang cukup panjang. Para investor menilai memang resesi terlihat akan segera muncul, namun peningkatan suku bunga yang agresif akan lebih mempercepat datangnya resesi ekonomi tersebut.

MARKET OUTLOOK

Bursa Asia pada perdagangan pagi hari ini diperdagangkan beragam, indeks Nikkei menguat +0,07%, dan indeks Kospi melemah 1% saat laporan ini ditulis.

Kemudian IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan akan bergerak menguat pada perdagangan hari ini menyusul harga komoditas yang masih menguat pada pagi hari ini.

“IHSG akan bergerak pada rentang 7015 – 7135,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (22/6/2022).