ANALIS MARKET (09/02/2021) : IHSG Berpotensi Melanjutkan Penguatan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (09/2), IHSG naik 57.14 poin (+0.93%) ke level 6208.87 dengan saham-saham di sektor properti (+2.60%) dan Pertambangan (+1.95%) kembali naik memimpin penguatan IHSG.

Beragam sentimen menjadi pemicu, antara lain; Menko bidang perekonomian Indonesia menyatakan, telah ada sekitar Rp133 triliun yang siap masuk ke SWF, hal ini sontak mendorong emiten kontruksi naik signifikan.

Harga tambang logam dan energy kembali naik, menjadi faktor utama penguatan saham-saham pertambangan.

Adapun data indeks keyakinan konsumen turun dibawah ekspektasi ke level 84.9 dari 96.5 mengiringi data pertumbuhan harga konsumsi yang masih melambat.

Di sisi lain, investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih sebesar Rp244.65 miliar.

Sementara itu, mayoritas indeks saham Asia naik dengan indeks saham Jepang naik ke level tertinggi sejak 1991, setelah pemerintah Jepang mencabut keadaan daruratnya lebih awal untuk beberapa area.

Indeks Nikkei (+2.12%), TOPIX (+1.75%), HangSeng (+0.11%) dan CSI300 (+1.48%) naik cukup optimis iringi penguatan indeks ekuitas berjangka dan saham global.

Di sisi lain, Menteri Keuangan AS terus mendorong stimulus AS dan infeksi covid-19 yang mulai melambat.

Sedangkan Bursa Eropa ditutup naik dengan indeks Eurostoxx (+0.27%), FTSE (+0.53%) dan DAX (+0.02%).

Optimisme terbangun setelah Maria Draghi bersiap untuk membentuk pemerintahaan nasional baru di Italia.

Investor merasa nyaman dari peluncuran berkelanjutan vaksin dan data yang menunjukkan tren penurunan infeksi di Eropa.

Selanjutnya investor masih akan terfokus pada prospek harga komoditas dan laporan persediaan minyak mentah EIA.

Adapun diperdagangan Selasa (09/2) pagi ini, indeks Nikkei (+0.20%) dan TOPIX (+0.11%) melanjutkan penguatan, akibat meningkatnya prospek untuk paket pengeluaran federal yang kuat, ditambah dengan perlambatan tingkat infeksi virus.

Di sisi lain, peningkatan jumlah vaksinasi mendorong optimisme bahwa ekonomi akan membaik akhir tahun ini.

Dari komoditas, harga minyak WTI (+0.52%) melanjutkan penguatannya ditengah terobosan vaksin dan pemotongan produksi di Arab Saudi. Harga CPO (+1.66%) juga terpantau menguat.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, IHSG berpotensi melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini, ditengah menurunnya jumlah kasus di global. Tak hanya itu, menguatnya harga komoditas juga menjadi sentiment positif bagi IHSG hari ini,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Selasa (09/02/2021).