ANALIS MARKET (01/7/2022) : IHSG Diperkirakan Bergerak Bervariasi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, kemarin (30/6), IHSG kembali diperdagangkan di zona merah, dengan ditutup di level 6911,58 (-0,44%). IHSG melemah dengan aksi taking profit saham-saham dengan kapitalisasi besar, serta sentiment masih berasal dari eksternal terkait pertumbuhan ekonomi. Beberapa sektor yang mendorong pelemahan IHSG yaitu sektor barang baku (-1.71%), transportasi dan logistic (-1.70%), dan sektor energy (-1.08%). Investor asing tercatat membukukan net sell sebesar Rp 306.95 milliar, dengan saham-saham yang paling banyak dijual adalah BBRI, BBCA, MDKA.

Secara teknikal, IHSG kembali ke area support terdekatnya dengan indicator stochastic dead cross berada area 20. Beberapa saham yang memiliki potensi naik untuk perdagangan hari ini, yaitu: DMMX, PANR, TBIG, BUKA, MDKA, ASII, UNTR.

Kemudian dari bursa AS, ketiga indeks utama kembali di tutup di zona merah dengan pelemahan terbesar terjadi di Nasdaq -1.33%, pelemahan ini masih didorong oleh kekhawatiran pertumbuhan ekonomi AS yang melambat, di era inflasi yang tinggi yang terjadi di beberapa neagra maju.

MARKET OUTLOOK

Bursa Asia pada perdagangan Jumat (01/7) pagi ini sudah diperdagangkan bervariasi, saat laporan ini ditulis indeks Nikkei menguat 0.06%, dan indeks Kospi juga turut menguat 0.41%. Pada pagi ini, Jepang rilis tingkat pengangguran yangmengalami kenaikan 2.6% untuk bulan Mei 2022 hal ini diatas ekspektasi pasar serta The Bank of Japan's index merilis business confident untuk manufaktur besar pada Q2 yang mengalami penurunan menjadi 9 poin, sementara dari Korea Selatan masih mengalami deficit neraca dagang untuk bulan juni 2022.

Sementara dari dalam negeri, IHSG diperkirakan akan bergerak bervariasi pada akhir pekan ini namun cendrung akan meguat mengingat bursa Asia yang cendrung positif, rilisnya PMI yang masih mengalami ekspansi, namun rilisnya inflasi pada hari ini dapat mewarnai IHSG jika inflasi diatas konsensusnya yaitu 4.17%.

“IHSG akan bergerak pada rentang 6880 – 6990,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (01/7/2022).