ANALIS MARKET (15/5/2018) : IHSG Diproyeksi Bergerak Melemah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup turun kemarin (14/5), di tengah aksi terror bom yang menyerang pada hari Minggu dan Senin kemarin. Adapun sektor yang mengalami Top Losers : Infrastructure (-1.77%), Agriculture (-1.61%), Property (0.55%)

Sementara itu, Bursa Amerika menguat tadi malam (14/5). Tensi perang dagang AS-China mereda setelah Presiden Trump berjanji membantu perusahaan China, ZTE. Sedangkan Bursa Eropa bergerak variatif kemarin (14/5). Investor fokus pada perkembangan politik di Italia, hubungan dagang AS-China serta pergerakan harga minyak. Adapun Bursa Asia ditutup naik kemarin (14/5). Investor kembali fokus pada hubungan dagang AS-China setelah Presiden Trump bersedia membantu perusahaan China, ZTE.

“Untuk hari ini kami memperkirakan IHSG bergerak melemah dengan support range 5894-5909 dan resistance range 5970-5975,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Selasa (15/5/2018).

Lebih lanjut, riset juga menyebutkan, bahwa sentimen global datang dari meredanya ketegangan antara AS dan China setelah Presiden Trump berjanji membantu perusahaan China, ZTE untuk dapat beroperasi di AS.

Dari faktor domestik, investor perlu mencerna rilis neraca perdagangan April pada hari ini (15/5). Berdasarkan siklus, impor diperkirakan meningkat terutama jelang Ramadhan. Surplus yang terjadi pada Maret diperkirakan akan mengecil pada April.

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, yaitu: INCO, ANTM, dan MNCN.