ANALIS MARKET (07/11/2018) : Cadev Berpeluang Rebound, IHSG Diestimasi Bergerak Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak melemah kemarin (06/11), terkait rilis data Indeks Keyakinan Konsumen dan penjualan eceran. Namun di tengah penguatan rupiah, IHSG mampu ditutup flat. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Mining (+1.07%), Property (+0.96%), Finance (+0.75%).

Sementara itu, bursa global bergerak variatif kemarin (06/11), seiring investor menunggu hasil pemilu midterm AS. Pasar AS bergerak naik dengan ekspektasi pemilu ini dimenangkan oleh partai Demokrat.

Di sisi lain, bursa Eropa ditutup turun di tengah ketidakpastian politik terkait prospek Brexit dan konflik Uni Eropa-Italia. Adapun pasar Asia bergerak variatif dengan penurunan bursa Tiongkok.

Lebih lanjut riset juga menyebutkan, pada hari ini, Rabu (07/11/2018), pasar akan mencerna rilis cadangan devisa Oktober.

Pada September cadangan devisa masih mengalami penurunan ke posisi US$114,9 miliar. Pada Oktober cadangan devisa sangat berpeluang untuk mengalami rebound. Hal ini diindikasikan oleh pergerakan rupiah yang tidak mengalami tekanan sepanjang Oktober. Bahkan kini rupiah telah mampu stabil di bawah posisi 15.000 per dolar.

Dari global, sentimen positif datang dari berlanjutnya tren penurunan harga minyak global. Kemarin harga minyak WTI turun 1,41% dipicu dispensasi yang diberikan oleh AS terhadap 8 negara pengimpor minyak Iran. Tren penurunan harga minyak akan memicu pemulihan rupiah.

“Menyikapi beberapa kondisi tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak menguat dengan support range 5897-5906 dan resistance range 5982-5992,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Rabu (07/11/2018).

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: TLKM, KLBF, dan JPFA layak untuk dikoleksi diperdagangan hari ini, Rabu (07/11/2018).