ANALIS MARKET (09/11/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Melemah, Tiga Saham Ini Direkomendasikan Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (08/11), indeks harga saham gabungan (IHSG) melanjutkan penguatannya selama 8 hari berturut-turut. Penguatan ini ditopang oleh sektor perbankan, khususnya saham BBRI. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Trade (+1.64%), Finance (+0.94%), Infrastructure (+0.64%).

Sementara itu, Bursa global bergerak variatif kemarin pasca pemilu midterm AS. Perhatian investor AS dan Eropa tertuju pada pernyataan The Fed untuk tetap menaikkan overnight rate secara bertahap.

Selain itu, Komisi Eropa juga memproyeksikan stagnansi pertumbuhan ekonomi Uni Eropa dalam beberapa tahun mendatang.

Adapun Bursa Tiongkok ditutup turun seiring dengan penurunan surplus neraca dagang.

Lebih lanjut, riset NH Korindo Sekuritas juga menyebutkan, tren penguatan IHSG yang telah berlangsung lebih dari seminggu memberikan resiko terhadap koreksi semakin tinggi.

Investor diperkirakan mulai merealisasikan profit yang telah didapat. Terlebih, hari ini, Jumat (09/11) pasar akan menantikan data defisit current account 3Q18. Pada 2Q18, defisit current account mencapai US$8,0 miliar.

Pada 3Q18, defisit diperkirakan mencapai US$8,9 miliar akibat masih tingginya defisit neraca perdagangan pada 3Q18.

Di sisi lain, bursa global mulai bergerak flat setelah pertemuan bank sentral Amerika berakhir. The Fed menyatakan akan tetap konsisten menerapkan kebijakan yang hawkish.

“Menyikapi beberapa factor tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 5921-5927 dan resistance range 5997-6004,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Jumat (09/11/2018).

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: ANTM, INCO, dan MAPI layak untuk dikoleksi diperdagangan hari ini, Jumat (09/11/2018).