ANALIS MARKET (10/7/2020) : Pasar Diperkirakan Mixed Cenderung Melemah Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam faktor layak dicermati pelaku pasar diperdagangan akhir pekan ini, Jumat (10/7), antara lain;

1.Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan baru yang mengakui adanya penyebaran virus korona melalui udara, walaupun menurut WHO, pola penyebaran ini masih memerlukan bukti lanjutan. Dikutip dari Reuters, di antara bukti-bukti tersebut ialah adanya penyebaran dalam ruang tertutup seperti restoran dan gymnasium. Rilis WHO ini dikeluarkan setelah adanya surat terbuka yang disampaikan oleh para ahli aerobiologi, ilmu yang mempelajari penyebaran penyakit lewat udara.

2.Kementerian Keuangan mengumumkan realisasi APBN 2020 sampai dengan paruh pertama 2020 sebesar 39% dari pagu anggaran. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, realisasi yang rendah ini disebabkan oleh adanya pemfokusan ulang penggunaan anggaran yang tidak terkait dengan penanganan pandemi Covid-19. Belanja yang terkait dengan penanganan pandemi juga tercatat belum cukup tinggi, seperti pos perlindungan sosial yang sudah terealisasi 36% dan belanja kesehatan sebesar 5%.

3.Presiden Joko Widodo telah menandatangani PP No. 33/2020 yang memberikan wewenang tambahan kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Wewenang tambahan tersebut antara lain penempatan dana kepada bank-bank dalam pengawasan intensif serta melakukan pinjaman jika diperlukan.

4.Diperdagangan Jumat (10/7) pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi tercatat melemah masing-masing 0,1% dan 0,5%. Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat menguat masing-masing 0,3%, 0,3%, dan 0,2%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan mixed cenderung melemah hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Jumat (10/7/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.