ANALIS MARKET (16/7/2020) : Pasar Diperkirakan Mixed Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentimen menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Kamis (16/7), antara lain;

1.Ketegangan AS-Tiongkok semakin tinggi dengan ditandatanganinya perintah Presiden AS Donald Trump untuk mengakhiri perlakuan istimewa kepada Hong Kong, seiring dengan diberlakukannya undang-undang keamanan dalam negeri Hong Kong yang dianggap AS merupakan bentuk penindasan terhadap kebebasan di Hong Kong. Presiden Trump juga menandatangani undang-undang yang memberikan sanksi kepada bank-bank yang memberikan pelayanan kepada pejabat Tiongkok yang terlibat dalam pelaksanaan undang-undang tersebut. Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan, Tiongkok akan melakukan tindakan pembalasan atas undang-undang tersebut.

2.Neraca perdagangan Indonesia tercatat surplus US$1,27 miliar pada Juni 2020. Sebagaimana dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor tercatat naik 2,3% seiring dengan mulai dilonggarkannya pembatasan kegiatan. Sementara itu, impor tercatat turun 6,4%, lebih baik daripada perkiraan pasar sebesar 6,4%. Perkembangan neraca perdagangan ini membuat neraca perdagangan Indonesia pada paruh pertama tahun 2020 membukukan surplus sebesar US$5,5 miliar.

3.Hari ini, Kamis (16/7), Bank Indonesia akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) untuk menentukan suku bunga acuan 7DRRR. Saat ini suku bunga 7DRRR berada pada level 4,25%.

4.Adapun Kamis (16/7) pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi masing-masing tercatat melemah 0,3% dan menguat 0,2%. Indeks futures di Amerika Serikat tercatat turun. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat melemah masing-masing 0,2%, 0,3%, dan 0,6%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan mixed hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Kamis (16/7/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.