ANALIS MARKET (31/3/2020) : Pasar Diperkirakan Bergerak Menguat Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, penurunan dalam pada komoditas minyak menggaris-bawahi turunnya permintaan yang disebabkan oleh pembatasan jarak sosial yang diberlakukan oleh pemerintah di seluruh dunia.

Sebagian besar jalan raya di kota-kota dunia terlihat kosong. Sebagian besar maskapai ditutup.

Macy’s (M) baru saja merumahkan sementara sebagian besar dari 125.000 pekerjanya.

Pabrik-pabrik besar dan kecil banyak yang telah menghentikan produksi. 

Sementara itu, Amerika Serikat melaporkan angka kematian dari COVID-19 harian tertinggi pada hari Senin (30/3) dengan lebih dari 500 kematian baru, sehingga total menjadi 3.001 tewas dan lebih dari 160.000 kasus dilaporkan.

Di California, negara bagian lain yang sangat terpukul selain New York, Gubernur Gavin Newsom mengatakan jumlah rawat inap COVID-19 menjadi hampir dua kali lipat selama empat hari terakhir dan jumlah pasien ICU meningkat tiga kali lipat. 

Dari dalam negeri, Pemerintah menerapkan pembatasan sosial berskala besar yaitu kebijakan yang meliputi sejumlah poin, di antaranya peliburan sekolah dan tempat kerja hingga pembatasan kegiatan di tempat umum.

Keputusan ini dapat memberikan dampak ekonomi yang tidak terlalu besar dibandingkan lockdown

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan bergerak menguat hari ini, seiring sebagian besar bursa dan futures Asia yang pagi ini dibuka menguat. Nikkei pagi ini menguat 0,2% sementara Kospi menguat 1,3%,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Selasa (31/3/2020). 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik.