ANALIS MARKET (01/4/2020) : Pasar Diperkirakan Bergerak Mixed Cenderung Melemah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, Gedung Putih memperkirakan tingkat kematian di Amerika Serikat akibat pandemic Covid-19 dapat mencapai 100 ribu jiwa, menggunakan pemodelan yang dibuat oleh gugus tugas kesehatan Gedung Putih.

Adapun Presiden AS, Donald Trump mengatakan, dua minggu ke depan akan menjadi masa-masa yang ‘sangat menyakitkan’ bagi Amerika Serikat. 

Sementara itu, Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan paket kebijakan berupa Perppu No. 1/2020, Keppres no. 11/2020, dan PP No. 21/20, yang masing-masing mengatur tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan, status darurat kesehatan, dan payung hukum kebijakan pembatasan sosial bagi pemerintah daerah.

Di antara klausul dalam Perppu tersebut adalah pelonggaran defisit APBN, rencana penerbitan SUN khusus untuk keperluan stimulus ekonomi, pengutamaan penggunaan dan alokasi ulang APBN, serta penurunan PPh badan dari semula 25% menjadi 22% untuk tahun 2020 dan 2021 serta 20% untuk tahun 2022.

Dalam rangka program pemulihan ekonomi dan stabilitas keuangan, Bank Indonesia juga diberikan kewenangan untuk membeli SUN khusus tersebut serta memberikan pinjaman likuiditas jika diperlukan.

Paket stimulus ini tidak menggunakan mekanisme APBN Perubahan, namun akan menggunakan Peraturan Presiden untuk mengubah postur serta rincian APBN. 

Adapun pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi dibuka melemah masing-masing 1,7% dan 0,6%. Sedangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tercatat stabil pada kisaran Rp16.300. 

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan bergerak mixed cenderung melemah, seiring dengan indeks futures pada beberapa indeks acuan yang masih melemah, seperti Dow Jones futures dan S&P 500 futures yang turun 1,2%,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Rabu (01/4/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi SAM untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.