ANALIS MARKET (10/6/2019) : Sentimen Positif Dominasi Pergerakan Pasar Hari Ini, Indeks Berpotensi Menghijau

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup menguat pada Jumat lalu (31/05) ditopang oleh sektor perbankan.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Misc. Industry(+2.6%), Finance (+2.0%), dan Consumer (+1.9%).

Sedangkan INNI Index menguat 1,75% senada dengan kinerja IHSG. Saham large cap di sektor perbankan menunjukkan performa yang gemilang terhadap keputusan S&P. Saham BBRI yang termasuk di dalam INNI Index berhasil menguat 4,06%

Lebih lanjut riset menyebutkan, pada Jumat lalu (31/05), Investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp1,4 triliun sebagai dampak dari keputusan S&P. Sektor perbankan menerima aliran dana asing mencapai Rp590 miliar dan sektor telekomunikasi mencapai Rp139 miliar.

Selain itu, kurs USD-IDR juga tercatat meningkat sebesar 0,98%. Ada kemungkinan untuk rupiah melanjutkan penguatannya jika European Central Bank (ECB) masih bersikap dovish dan keputusan brexit yang masih ditunda.

Sedangkan Investor domestik mencatatkan net buy pada sektor agrikultur sebesar Rp2 miliar.

Sementara itu, diperdagangan akhir pekan kemarin (07/6), Dow Jones ditutup menguat 1,02% ke level 25.983 dipicu oleh perlambatan data tenaga kerja yang menimbulkan adanya harapan mengenai penurunan suku bunga oleh The Fed. Selain itu, adanya sentimen positif mengenai negosiasi antara AS - Meksiko yang berjalan dengan baik.

Dari sisi domestik, lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) menaikkan peringkat utang Indonesia ke level BBB dari sebelumnya BBB-. Hal ini terkait dengan pertumbuhan Indonesia yang kuat dan kebijakan fiskal yang prudent.