ANALIS MARKET (11/6/2019) : Sentimen Inflasi Berpotensi Jadi Pendorong Pergerakan indeks

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (10/6), IHSG ditutup menguat, ditopang oleh sektor perbankan dan infrastruktur.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Misc. Industry(+2.4%), Infrastructure (+2.1%), dan Finance (+1.8%).

Sedangkan INNI Index menguat 1,94% senada dengan kinerja IHSG. ANTM menguat 7,6% senada dengan penguatan harga emas spot internasional, dipicu situasi perang dagang yang tak menentu.

Lebih lanjut riset menyebutkan, kemarin (10/6), investor asing mercatatkan net buy pada sektor perbankan sebesar Rp597 miliar.

Pelemahan data ekonomi AS menjadi bahan konsiderasi The Fed memberikan sinyal pemangkasan tingkat suku bunga acuan.

Selain itu, penguatan rupiah juga menjadi faktor yang melandasi aksi beli yang dilakukan investor asing.

Adanya penguatan rupiah dipengaruhi oleh kenaikan peringkat utang Indonesia yang baru terefleksikan ke pergerakan rupiah pada awal pekan.

Sedangkan Investor domestik mencatatkan net buy pada sektor infrastruktur sebesar Rp239 miliar dan sektor pertambangan sebesar Rp 71 miliar

Sementara itu, Dow Jones ditutup menguat 0,30% ke level 26.062 didorong oleh keputusan Presiden AS untuk menangguhkan pengenaan tarif atas barang impor asal Meksiko.

Analis NH Korindo juga menyoroti sentiment dari sisi domestik, dimana inflasi Indonesia bergerak tercepat sejak April 2019 dengan harga makanan melaju lebih dari 4%: faktor utama pendorong pertumbuhan inflasi.

Selain itu, data kinerja manufaktur PMI Indonesia tumbuh ke posisi tertinggi dalam 9 bulan di tengah ekspansi yang kuat.