ANALIS MARKET (12/6/2019) : Sentimen Perang Dagang Masih Dominan, Cermati Pula Pergerakan Sektor Properti

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (11/6), IHSG ditutup menguat tipis, ditopang oleh sektor konsumer dan perbankan.

Adapun sektor perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Mining (+0.6%), Infrastructure (+0.5%), dan Consumer (+0.5%).

Sedangkan INNI Index menguat 1,94% ditopang oleh saham sektor pertambangan minyak dan gas seperti INCO (+4.6%).

Adanya penguatan harga minyak mentah disebabkan oleh Rusia yang memberi sinyal akan mendukung Organisasi Negara Pengeskpor Minyak- OPEC dalam hal pengurangan produksi.

Lebih lanjut, riset juga menyebutkan, diperdagangan kemarin (11/6), investor asing mercatatkan net buy Rp241 miliar. Sektor perbankan mencatatkan net buy terbesar mencapai Rp312 miliar.

Di tengah kodisi perang dagang yang terus memanas antara AS -Tiongkok, ekspor Tiongkok pada Mei mengalami kenaikan tipis 1,1% y-y. Pencapaian ini tercatat jauh lebih baik dibandingkan penurunan 2,7% y-y pada April.

Adapun Investor domestik mencatatkan net buy Rp104 miliar di sektor infrastruktur dan Rp25 miliar di sektor pertambangan.

Sementara itu, diperdagangan semalam (11/6), Dow Jones ditutup melemah 0,05% ke level 26.048 dipicu oleh sentimen perang dagang.

Presiden AS menyatakan untuk menaikkan lagi tarif impor pada barang-barang Tiongkok jika tidak ada kemajuan negosiasi dengan Tiongkok pada KTT G20 yang diselenggarakan 28-29 Juni di Jepang.

Dari sisi domestik, perang dagang memberi peluang besar bagi produk Indonesia untuk bisa masuk ke AS, namun Indonesia juga akan dibanjiri produk Tiongkok yang tidak bisa masuk ke AS.

“Hari ini perhatikan sektor property,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (12/6/2019).