ANALIS MARKET (16/4/2021) : IHSG Berpotensi Bergerak Mixed dengan Kecenderungan Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (15/4), IHSG ditutup naik 29.22 poin (+0.48%) ke level 6079.50 setelah sempat tertekan selama jam perdagangan. Indeks sektor pertanian (+2.19%), Perdagangan (+1.01%) dan Industri Dasar (+0.99%) bergerak optimis naik mampu membalikan IHSG kuat hingga akhir sesi perdagangan. Data akitifitas ekspor dan import naik signifikan terlihat lebih aktif di bulan Maret memberikan indikasi pemulihan ekonomi dari sisi perdagangan. Ekspor naik 30.47% secara yoy dan Import naik 25.73% secara yoy. Faktor tersebut menjadi trigger positif IHSG hingga akhir sesi perdagangan.

Sedangkan dari bursa regional, mayoritas indeks saham Asia kembali bervariasi kali ini indeks Nikkei (+0.07%) dan TOPIX (+0.36%) naik sedangkan Indeks CSI300 (-0.64%) dan HangSeng (-0.50%) turun. Indeks saham di Hongkong dan China turun karena operasi likuiditas bank sentral china yang mengisyaratkan upaya untuk menahan peningkatan leverage.

Di sisi lain, Bursa Eropa mayoritas naik di akhir sesi perdagangan kemarin (15/4). Indeks FTSE (+0.43%), DAX (+0.30%) dan CAC40 (+0.41%) naik dipimpin oleh perusahaan pertambangan dan industri dasar. Ekspektasi pemulihan ekonomi yang kuat, dikombinasikan dengan optimisme atas stimulus moneter dan fiskal, telah mendorong ekuitas AS mendekati level tertinggi seiring berlanjutnya pelaporan perusahaan. Data yang akan dirilis Kamis tentang klaim pengangguran AS dan penjualan ritel akan diawasi dengan cermat oleh Investor selanjutnya.

Sementara itu, diperdagangan Jumat (16/4), Bursa saham Asia berpotensi mixed dengan Indeks saham di Jepang yang dibuka bervariasi. Indeks Nikkei (+0.28%) naik sedangkan TOPIX (-0.10%) dizona negatif. Investor mengambil sikap hati-hati pada indeks berjangka AS setelah mayoritas saham di Wall Street naik ke rekor tertinggi akibat data ekonomi yang rilis sangat kuat.

Investor juga akan terfokus pada data Pertumbuhan PDB kuartal 1 tahun 2021, produksi industri dan angka penjualan ritel di Tiongkok dengan ekspektasi tumbuh tertinggi sejak 30 tahun terakhir.

“Secara sentiment, IHSG berpotensi bergerak mixed menguat diperdagangan akhir pekan,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (16/4/2021).