ANALIS MARKET (19/01/2021) : Sentimen Eksternal Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id -  Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment menjadi sortan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Selasa (19/01), antara lain;

1.Dari Reuters, Presiden terpilih AS Joe Biden berencana untuk segera memperpanjang pembatasan perjalanan bagi sebagian besar orang yang baru-baru ini berada di Eropa dan Brasil segera setelah Presiden Donald Trump mencabut persyaratan tersebut efektif 26 Januari, kata juru bicara Biden.

2.Sovereign Wealth Fund China senilai $ 1 triliun sedang merestrukturisasi cara mereka memutuskan investasi internasional seiring keinginan untuk meningkatkan efisiensi dan membuat kemajuan yang bertujuan meningkatkan bagian aset swasta dalam portofolio globalnya. China Investment Corp. membentuk dua komite awal bulan ini untuk menyetujui investasi dalam aset publik dan non-publik, menggantikan badan di unit CIC International dan CIC Capital yang sebelumnya memiliki tanggung jawab yang tumpang tindih. Secara terpisah, departemen manajemen CIC Capital juga sedang dibongkar. 

3.Biro Statistik Nasional Tiongkok atau National Bureau of Statistics (NBS) pada Senin (18/1) melaporkan produk domestik bruto (PDB) tumbuh 2,3% pada 2030. Meski berada pada laju paling lambat dalam lebih dari empat dekade, tapi Tiongkok menjadi satu-satunya negara dengan kekuatan ekonomi besar yang tetap ekspansif, setelah bangkit dari krisis kesehatan yang diakibatkan pandemi virus Covid-19. Dalam tiga bulan terakhir 2020, rebound ekonomi Tiongkok berlanjut dengan pertumbuhan yang lebih baik dari perkiraan sebesar 6,5%

4.Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sedang menyelesaikan penyusunan empat Rancangan Peraturan Pemerintah sebagai aturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Penyusunan juga dilakukan dengan pembahasan secara tripartit yang melibatkan pemerintah, buruh, dan pengusaha 

5.Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada pada level RP 14.070,0, melemah. Selain itu, komoditas utama dunia, yaitu minyak WTI pagi ini dibuka menguat 0,56% dan Brent menguat 0,04%.

6.Diperdagangan Selasa (19/01) pagi ini, Kospi dibuka naik 0,81% sedangkan Nikkei 225 naik 0,89%. Indeks futures di Amerika Serikat, Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq naik masing-masing sebesar 0,16%, 0,17%, dan 0,21%.

“Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Selasa (19/01/2021).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.