ANALIS MARKET (24/3/2020) : Upaya Pemerintah yang Lindungi Ekonomi Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (23/3), IHSG menerima aliran dana asing Rp27 miliar, dan BMRI menjadi salah satu saham yang menduduki top net foreign buy ditopang rencana buyback saham mulai Jumat (20/3).

BMRI menyiapkan alokasi Rp2 triliun dan menunjuk PT Mandiri Sekuritas sebagai pelaksana.

Sementara itu, semua bursa saham Asia berada di zona merah kecuali bursa Jepang.

Motor penggerak bursa Jepang sehingga melenggang di zona hijau ialah kebijakan stimulus ekonomi Bank Jepang untuk secara agresif membeli Exchange Traded Funds (ETF) dan dana pensiun publik yang berhasil menyeimbangkan kembali portofolio saham setelah terhempas market sell-off.

Selain itu, kurs Garuda merosot tajam 3,85% ke level Rp16.575 per dolar AS.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup melemah 3,04 persen ke level 18.591. Pasalnya, Senat AS tidak kunjung menghasilkan kemajuan mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) stimulus fiskal untuk melawan pandemi Covid-19.

Di ranah domestik, Bank Dunia menyetujui pemberian pinjaman USD300 juta untuk memperbesar sektor keuangan dengan memperluas jangkauan dan produk pasar keuangan, meningkatkan efisiensi sektor keuangan, dan menahan tekanan yang menguncang sektor keuangan.

“Beragam kondisi tersebut diatas, berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Selasa (24/3/2020).