ANALIS MARKET (27/3/2020) : Langkah G20 Menjaga Pertumbuhan Ekonomi Berpotensi Jadi Sentimen Penggerak Pasar Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, IHSG mencatatkan net foreign buy Rp662 miliar pada penutupan perdagangan Kamis (26/03), dan investor asing masih mengoleksi saham sektor perbankan.

Kepercayaan mereka membuktikan optimisme atas membaiknya ekonomi Indonesia setelah BI, di tengah carut marut kondisi global dan domestik, melakukan intervensi untuk menstabilkan kurs rupiah di pasar spot dengan membeli SBN di pasar skunder, mewajibkan penggunaan rekening rupiah dalam transaksi DNDF (Domestic Non Deliverable Forward), memastikan kecukupan cadangan devisa ketika kurs rupiah tergerus.

Sementara itu, rupiah menguat melawan dolar AS dengan membukukan peningkatan 1,18% ke level 16.305.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup menguat 6,38% ke level 22.552.

Paket stimulus fiksal senilai USD2 triliun yang diajukan Trump dan disalurkan sebagai bantuan usaha kecil, pinjaman pelajar, tunjangan pengangguran, pembayaran langsung tunai ke individu dan keluarga menopang langkah Dow Jones.

Di sisi domestik, Presiden Jokowi pada Kamis (26/03/2020) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa G20 yang bertujuan membahas langkah-langkah penanganan COVID19.

Salah satu hasil keputusan KTT G20 ialah injeksi dana senilai USD5 triliun oleh negara G20 untuk mengurangi potensi resesi.

“Beragam kondisi tersebut diatas, berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (27/3/2020).