Erick Thohir Tinjau Kesiapan Bandara Soeta Cegah Masuknya Virus Corona

foto: istimewa

Pasardana.id - Menteri BUMN, Erick Thohir didampingi Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo meninjau kesiapan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, dalam mencegah masuknya virus Corona dari luar negeri.

Setibanya di bandara, Erick yang turut didampingi Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bandara Anas Ma’ruf langsung mengecek kesiapan thermal scanner di area terminal tersebut.

Erick juga meninjau kesiapan alat pemeriksaan kesehatan bagi penumpang bandara, serta pelindung diri bagi tenaga kesehatan yang tersedia di ruang KKP.

“Kita lihat flow-nya dari mulai masuk terminal Keberangkatan sampai terminal kedatangan. Kita coba meminimalisasi risiko dengan adanya thermal scanner-nya yang besar maupun kecil. Saya rasa ruang karantina juga sudah siap,” ujar Erick, Rabu (11/3/2020).

Erick menegaskan, otoritas bandara harus selalu siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan munculnya kasus Corona.

Menurutnya, hal terpenting adalah memastikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin untuk menjaga agar virus Corona tidak menyebar dan dapat diminimalisasi.

Setelah meninjau bandara, Erick mengunjungi Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) di Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

RSPJ merupakan salah satu rumah sakit BUMN di bawah grup IHC yang siap siaga menghadapi serangan Corona Virus Disease-19 (Covid-19).

Didampingi Direktur SDM Pertamina, Koeshartanto, Direksi Pertamedika IHC dan jajaran manajemen RSPJ, Menteri BUMN melihat langsung pemberian layanan kesehatan di RSPJ untuk mewaspadai virus Corona.

Pertamina secara umum telah melaksanakan sejumlah prosedur sesuai protokol yang ada, mulai dari pemeriksaan suhu di sejumlah pintu masuk gedung kantor, penyediaan masker dan pembersih tangan di sejumlah titik publik, dan edukasi yang ditayangkan di beberapa media komunikasi internal.