Erick Thohir Siapkan Garuda Indonesia Angkut Barang Untuk Penanganan Covid-19

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyatakan, bahwa pesawat Garuda Indonesia siap untuk mengangkut kebutuhan barang dalam rangka menangani COVID-19.

Tak hanya itu, pihaknya juga berupaya untuk menyiapkan kebutuhan obat-obatan dalam menangani virus yang menjadi pandemic global ini.

"Kami menyiapkan pesawat Garuda sebagai kargo untuk terbang ke manca negara bila dibutuhkan untuk mengangkut. Kita juga memastikan kebutuhan obat-obatan juga siap, 90 persen bahan baku obat ini dari luar negeri, kita harus menyiapkan yang namanya health security," tutur Erick Thohir, usai meninjau fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Hotel Patra Jasa dan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ), Senin (6/4/2020).

Mantan Bos Mahaka Grup itu juga menambahkan, pihaknya bakal terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya dalam memitigasi dampak COVID-19.

"Pemerintah semaksimal mungkin untuk bagaimana menjaga supaya kita siap hadapi COVID-19. Kami di BUMN tidak berdiri sendiri, kami sinergi dengan semua Kementerian," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengklaim mau menjemput sendiri bahan baku alat pelindung diri (APD) dari Korea dan China.

Hal itu dikarenakan ia butuh memastikan kebutuhan tenaga medis dalam penanangan virus corona terpenuhi.

Namun, Bahlil mengaku masih akan mengkoordinasikan niatannya tersebut dengan industri terkait dan Kementerian BUMN.

"Kami lakukan langkah-langkah koordinasi dengan industri, pabrik, dan Kementerian BUMN, bagaimana caranya kita bisa menjemput bahan baku," ujarnya dalam penyerahan bantuan dari LG, investor asal Korea Selatan, untuk penanganan covid-19 di Indonesia.

Menurut Bahlil, China dan Korea Selatan menjadi sasaran utama banyak negara karena merupakan produsen Bahan Baku APD terbaik di dunia.

Ia bahkan menyebut Eropa dan AS pun ikut berebut Bahan Baku APD dari dua negara itu. 

"Doakan saja, Insya Allah kita punya koordinasi baik, jadi bisa siapkan bahan bakunya," jelasnya.