ANALIS MARKET (03/7/20190 : Ramai Sentimen, Cermati Pergerakan Saham-Saham di Sektor Keuangan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (02/7), IHSG ditutup menguat tipis, ditopang oleh sektor industri dasar dan barang konsumsi.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Basic Industry (+1.7%), Consumer (+0.2%), dan Infrastructure (+0.1%).

Sedangkan INNI Index melemah 0,15%, berbanding tebalik dengan kinerja IHSG, ditekan oleh saham-saham di sektor pertambangan, seperti; ADRO (-1,4%) dan PTBA (- 1,3%)

Lebih lanjut riset menyebutkan, kemarin (02/7), IHSG mencatatkan net buy sebesar Rp912 miliar. Sektor perbankan mencatatkan net buy sebesar Rp436 miliar.

Adanya penguatan di bursa saham Asia seiring dengan membaiknya hubungan AS—Tiongkok mendorong pelaku pasar untuk melakukan aksi ambil untung.

Selain itu, penguatan IHSG masih ditopang oleh saham-saham large cap seperti BMRI menguat 0,31% setelah S&P menaikkan peringkat utang jangka panjang.

Sementara itu, harga minyak tercatat menguat di pasar komoditas Asia. Penguatan tersebut seiring kesepakatan OPEC memperpanjang pemangkasan suplai hingga Maret tahun depan.

Adapun diperdagangan semalam (02/7), Dow Jones ditutup menguat 0,26% ke level 26.768.

Dari sisi global, pemerintah AS mengusulkan penerapan tarif US$4miliar untuk impor berbagai produk dari Uni Eropa.

Selain itu, Bank Dunia memutuskan untuk menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 dari 5,2% menjadi 5,1%. Hal ini didorong oleh harga komoditas ekspor Indonesia yang melemah dan perlambatan investasi.

“Untuk hari ini, cermati saham-saham di sektor keuangan,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (03/7/2019).