ANALIS MARKET (11/7/2019) : Indeks Diproyeksi Menguat Didorong Sektor Perbankan dan Properti

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (10/7), IHSG ditutup menguat, ditopang oleh sektor perbankan dan konstruksi.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Misc. Industry (+2.2%), Basic Industry (+1.0%), dan Trade (+0.7%).

Sedangkan INNI index menutup sesi trading dengan pencapaian flat. Saham konstruksi yang termasuk di dalam INNI index, seperti PTPP (+2,9%) dan WSKT (+2,8%) yang menguat ditopang rencana divestasi ruas jalan tol guna topang kondisi keuangan.

Lebih lanjut riset menyebutkan, diperdagangan kemarin (10/7), dana asing senilai Rp357 miliar parkir di portofolio IHSG dengan perbankan yang menerima parkiran terbesar Rp349 miliar menjadi sektor yang paling diuntungkan.

Sementara itu, pelaku pasar juga mencermati sentiment dari sisi global, dimana pelaku pasar mengantisipasi langkah moneter the Fed, prediksi kondisi ekonomi AS, dan rilis risalah FOMC Juni.

Adapun dari sisi domestik, sektor konsumer dan industri merayakan dana domestik masing-masing senilai Rp86 miliar dan Rp53 miliar.

Disisi lain, semalam (10/7), Dow Jones ditutup menguat 0,29% ke level 26.860 senada dengan penguatan indeks S&P dan Nasdaq composite.

Pernyataan Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengenai potensi pemangkasan suku bunga pada Juli memperkuat ketiga indeks tersebut.

Sikap dovish AS dilandasi oleh pelemahan global yang membayangi prospek ekonomi AS di tengah ketidakpastian perselisihan dagang.

“Hari ini, kami memprediksi INNI index menguat ditopang oleh saham-saham sektor perbankan dan properti. Prospek penurunan suku bunga BI menguat senada dengan potensi penurunan suku bunga acuan AS,” sebut analis NH Korindo dalam riset yang dirilis Kamis (11/7/2019).