ANALIS MARKET (10/7/2019) : Saham-Saham Sektor Perbankan Diproyeksi Jadi Pendorong Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (09/7), IHSG berhasil rebound, ditopang oleh sektor infrastruktur.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Infrastructure (+1.3%), Basic Industry (+1.0%), dan Trade (+0.7%).

Sedangkan INNI index ditutup menguat lebih besar dari IHSG, ditopang saham di sektor industri dasar seperti INTP (+4,3%).

Pelaku industri semen tetap optimis untuk mendapatkan keuntungan pada semester II yang dipicu oleh berjalannya proyek infrastruktur.

Lebih lanjut riset juga menyebutkan, diperdagangan kemarin (09/7), IHSG menerima net buy asing senilai Rp809 miliar.

Sektor perbankan mencatatkan net buy terbesar mencapai Rp412 miliar.

IHSG berhasil menguat di tengah pelemahan bursa saham Asia. Data tenaga kerja AS yang menguat memicu penurunan probabilitas The Fed untuk menurunkan suku bunga acuan FFR.

Kekhawatiran pelaku pasar meningkat terkait terjadinya hard landing perekonomian AS apabila the Fed tidak menurunkan FFR pada tahun ini.

Sedangkan Investor domestik mencatatkan net buy pada sektor pertambangan senilai Rp53 miliar dan sektor agrikultur sebesar Rp9 miliar.

Sementara itu, semalam (09/7), Dow Jones ditutup melemah tipis 0,08% ke level 26.783.

Pelaku pasar masih menunggu petunjuk langkah kebijakan moneter Federal Reserve berikutnya.

Dari sisi domestik, penjualan eceran Mei tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 7,7% y-y lebih tinggi dari April yang hanya mencapai 6,7% y-y. Hal ini dipicu oleh faktor musiman yaitu Ramadan dan Idul Fitri.

“Hari ini, perhatikan saham-saham di sektor perbankan,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (10/7/2019).