ANALIS MARKET (25/7/2019) : Investor Menanti Kebijakan European Central Bank

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (24/7), IHSG ditutup melemah yang ditekan oleh sektor infrastruktur dan barang konsumsi.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Losers, yaitu: Infrastructure (-1.4%), Consumer (-0.5%), dan Mining (- 0.4%).

Sedangkan INNI index ditutup melemah 0,30%, ditekan oleh saham-saham di subsektor farmasi seperti saham KAEF (-2,4%) dan KLBF (-2,0%).

KAEF berencana untuk membeli saham baru yang akan diterbitkan oleh PEHA dengan menggunakan dana hasil penjualan surat utang jangka menengah II atau pinjaman bank.

Riset juga menyebutkan, diperdagangan kemarin (24/7), IHSG masih membukukan net sell asing sebesar Rp111 miliar yang berdampak pada pelemahan IHSG.

Sektor perbankan mencatatkan net sell sebesar Rp69 miliar. Kekhawatiran pelaku pasar atas ketidakpastian global masih terjadi terlebih dengan tidak adanya kepastian berakhirnya perang dagang AS-Tiongkok dan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Adapun Investor domestik mencatatkan net sell di sektor aneka industri senilai Rp98 miliar dan sektor properti sebesar Rp19 miliar

Sementara itu, semalam (24/7), Indeks S&P dan Nasdaq berhasil menguat mencetak rekor tertinggi, masing-masing 0,47% dan 0,85%.

Penguatan indeks ditopang oleh saham Texas Instrumens Inc yang melonjak 7,4% setelah memberikan perkiraan penjualan dan laba yang lebih kuat dari yang diperkirakan untuk kuartal ini. Hal ini mengindikasikan permintaan untuk microchip mulai membaik.

“Pelaku pasar hari ini menunggu kebijakan moneter European Central Bank terkait suku bunga acuan,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Kamis (25/7/2019).