ANALIS MARKET (26/7/2019) : Pergerakan Indeks Dipengaruhi Sentimen European Central Bank yang Tahan Suku Bunga Acuan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (25/7), IHSG rebound setelah 3 hari berturut-turut melemah, ditopang oleh sektor konsumer dan aneka industri.

Adapun yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Property (+1.2%), Misc. Industries (+1.2%), dan Infrastructure (+0.8%).

Sedangkan INNI index menguat 0,27% senada dengan kinerja IHSG. Penguatan ini ditopang oleh saham sektor perdagangan, seperti MIKA (+5,6%) dan MAPI (+4,3%).

Lebih lanjut riset juga menyebutkan, kemarin (25/7), investor asing masih mencatatkan net sell Rp516 miliar dengan net sell terbesar hingga Rp429 miliar dicatatkan oleh sektor perbankan.

Dari sisi domestik, situasi politik di Indonesia semakin membaik, terlebih setelah Prabowo bertemu dengan Megawati. Beberapa perusahaan perbankan yang mengeluarkan laporan keuangan kuartal II-2019 tercatat positif.

Selain itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat 0,11% setelah melemah beberapa hari.

Investor domestik mencatatkan net sell Rp37 miliar di sektor perdagangan dan Rp13 miliar di sektor aneka industri.

Disisi lain, Indeks S&P dan Nasdaq melemah setelah mencapai rekor tertingginya, masingmasing 0,5% dan 0,8%. Ford dan Xilinx Inc melemah hingga 6% dan 3,4% setelah merilis laporan kuartal yang berada di bawah estimasi.

Selain itu, Facebook Inc juga tercatat melemah 1,9% setelah mengumumkan akan adanya aturan baru yang berpeluang memperlambat pertumbuhan pendapatannya hingga 2020.

“Adapun European Central Bank (ECB) tidak mengambil langkah agresif untuk melonggarkan kebijakan moneternya dan memutuskan untuk tetap menahan suku bunga acuannya diproyeksi bakal menjadi sentiment negatif pergerakan pasar hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (26/7/2019).