ANALIS MARKET (18/4/2019) : Pasar Diproyeksi Bergerak Menguat, Saham Sektor Konstruksi dan Properti Bisa jadi Pendorong

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak naik Selasa (16/4) lalu, ditopang oleh penguatan sektor perbankan dan konsumer. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers JCI, yaitu: Property (+2.5%), Misc. industry (+1.6%), dan Basic Industry (+1.1%).

Sejalan dengan IHSG, INNI Index juga bergerak menguat Selasa (16/4) kemarin sebesar +0,03% didorong oleh penguatan saham-saham sektor infrastruktur, sektor semen, dan sektor konstruksi yang menjadi incaran aliran dana asing seiring prediksi Moody’s bahwa Jokowi akan melanjutkan kepemimpinan selama 2 periode.

Disisi lain, diperdagangan Selasa (16/4) lalu, Investor asing melanjutkan aksi net sell sebesar Rp559 miliar. Hal ini terkait dengan perhelatan akbar pemilu 2019 yang diadakan keesokan harinya (17/4). Investor asing terlihat memilih untuk wait and see selagi menunggu hasil pemilu.

Sektor Perbankan mencatatkan net sell terbesar hingga Rp469 miliar didorong oleh aksi net sell pada saham berkapitalisasi besar.

Investor domestik mencatatkan net sell untuk sektor properti sebesar Rp 132 miliar dan industri dasar sebesar Rp 37 miliar.

Sementara itu, Dow Jones ditutup melemah tipis -0,01% semalam (17/4), seiring kinerja keuangan di sektor kesehatan yang kurang memuaskan.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, INNI Index hari ini kami prediksikan menguat seiring hasil quick count sementara hasil pemilu sesuai estimasi dari mayoritas investor asing bahwa Jokowi akan melanjutkan masa kepemimpinan hingga 2024. Kami berharap kondisi ini akan menciptakan pasar saham yang lebih kondusif dan lebih optimis. Perhatikan saham-saham di sektor konstruksi dan properti yang kami prediksi menguat didorong faktor Jokowi Efek jilid II,” jelas analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Kamis (18/4/2019).