ANALIS MARKET (25/4/2019) : Indeks Berpotensi Menguat Didorong Sektor Komoditas dan Infrastruktur

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) diperdagangan kemarin (24/4), mengalami rebound ditopang oleh sektor konsumer dan infrastruktur.

Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers JCI, yaitu: Mining (+1.9%), Misc. Industry (+1.5%), dan Consumer (+1.2%).

Sejalan dengan IHSG, INNI Index menguat sebesar +0,86% sesuai prediksi today’s outlook kemarin (24/4), dimana penguatan didorong oleh saham-saham pada sektor komoditas seperti emas dan batu bara karena harga minyak dunia naik tinggi. Sementara investor asing melakukan aksi jual cukup signifikan pada saham BBRI.

Lebih rinci, analis NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Investor asing mencatatkan net sell di IHSG kemarin mencapai Rp1,449 miliar.

Sektor perbankan mengalami net sell asing Rp130 miliar didorong oleh aksi profit taking pada saham bank berkapitalisasi besar seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sedangkan sektor pertambangan juga mengalami net sell hingga Rp50 miliar.

Adapun Investor domestik mencatatkan net sell pada sektor agrikultur sebesar Rp313 miliar dan sektor infrastruktur sebesar Rp 62 miliar.

Sementara itu, Dow Jones ditutup menguat +0,55% ke level 26.656 semalam (24/4), indeks S&P dan Nasdaq mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa. Seiring optimisme investor terhadap kuatnya kinerja laba bersih emiten-emiten besar di Wall Street.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pada perdagangan hari ini, INNI Index kami prediksikan akan melanjutkan reli penguatan didorong oleh saham-saham sektor komoditas dan infrastruktur. Untuk saat ini, investor disarankan mulai mengkoleksi saham-saham yang berpotensi mencatatkan kinerja keuangan Kuartal I yang kuat atau emiten dengan dividend yield yang besar,” jelas analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Kamis (25/4/2019).