ANALIS MARKET (15/3/2019) : Sektor Perbankan dan Infrastruktur Bakal Jadi Primadona Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak naik kemarin (14/3), ditopang penguatan sektor keuangan dan sektor industri dasar. Investor juga menunggu rilis data neraca perdagangan.

Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers JCI, yaitu: Basic Industry (+2.03%), Misc. Industry (+2.02%), Finance (+0.91%).

Sementara INNI Index bergerak menguat 0,44% kemarin (14/3), ditopang oleh saham LPPF yang mengalami rebound 7,2% setelah John Riady mulai mengambil alih beberapa proyek grup Lippo yang sebelumnya dipimpin oleh ayahnya, James Riady.

Sementara itu, Investor asing masih mencatatkan net sell hingga Rp313 miliar kemarin. Net sell asing terbesar berasal dari sektor telekomunikasi Rp148 miliar dan sektor perdagangan Rp87 miliar.

Kendati adanya net sell asing, IHSG berhasil rebound 0,56% ditopang oleh net buy asing di sektor keuangan sebesar Rp64 miliar.

Kembalinya net buy asing ke sektor perbankan memberikan harapan investor asing mulai melirik pasar Indonesia.

Adapun Investor domestik mencatatkan net buy untuk sektor pakan ternak sebesar Rp65 miliar. Setelah sektor pakan ternak sempat terkoreksi 20%-30% sejak Februari, investor domestik secara perlahan mulai kembali mengakumulasi sektor ini.

“Kami memperkirakan INNI Index masih akan menguat tipis hari ini akibat dari meredanya tren net sell asing. Sektor perbankan diperkirakan akan kembali menjadi incaran investor asing, dengan saham BBCA, BBRI, dan BMRI menjadi andalan utama dalam INNI Index. Sektor infrastruktur diperkirakan juga akan mengalami penguatan yang ditopang oleh saham JSMR yang sedang menjajaki opsi pendanaan untuk membangun proyek infrastruktur seperti jalan tol,” jelas analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (14/3/2019).