ANALIS MARKET (27/3/2019) : Sektor Properti dan Perbankan Masih Jadi Andalan Utama Pergerakan IHSG

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup rebound kemarin (26/3), ditopang sektor keuangan dan konsumer.

Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers JCI, yaitu: Basic Industry (+1.82%), Consumer (+1.20%), dan Misc. Industry (+0.99%).

Adapun INNI Index rebound 0,43% kemarin (26/3), ditopang oleh saham-saham properti seperti saham PWON dan CTRA yang melonjak hingga 5,2% dan 2,5%. Rilis laporan keuangan PWON memberikan kejutan di mana laba bersih tumbuh hingga 36% menjadi Rp2,54 triliun untuk FY2018.

Margin laba bersih PWON juga mengalami kenaikan dari 32,6% pada 2017 menjadi 35,9% pada 2018, ditopang oleh recurring income sebagai fondasi PWON.

Disisi lain, investor asing kemarin mencatatkan net buy hingga Rp339 miliar di IHSG di tengah kekhawatiran atas tekanan global.

Hal ini sangat menggembirakan bagi investor karena asing tetap melakukan net buy disektor perbankan hingga Rp354 miliar.

Konsistensi net buy asing di sektor perbankan menunjukkan investor asing puas dengan arah kebijakan Bank Indonesia dan yakin terhadap kekuatan ekonomi domestik.

Adapun investor domestik mencatatkan net buy untuk sektor otomotif hingga Rp108 miliar.

Saham ASII yang telah mengalami penurunan hingga 15% YTD membuat investor domestik mulai mengakumulasi saham ASII sehingga saham ASII mengalami rebound 1,4% kemarin.

“Kami memperkirakan INNI Index pada hari ini akan bergerak menguat ditopang oleh kembali optimisnya investor terhadap AS setelah Janet Yellen menyatakan inversi yield AS bukanlah pertanda resesi. Sektor properti dan perbankan masih menjadi andalan utama IHSG ditopang oleh kebijakan BI yang akomodatif,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (27/3/2019).