ANALIS MARKET (09/1/2019) : Sentimen Beragam, IHSG Hari Ini Diestimasi Bergerak Melemah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, meksi sempat dibuka menguat, IHSG ditutup turun kemarin (08/1), seiring pelemahan rupiah, aksi profit taking investor lokal, dan penurunan sektor konsumer.

Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Losers, yaitu: Consumer (-1.75%), Basic Industry (-0.88%), Trade (-0.53%).

Sementara itu, berlangsungnya perundingan dagang AS-Tiongkok masih menjadi perhatian investor global.

Sebagian besar pasar global ditutup menguat kemarin. Pasar Asia variatif seiring penurunan bursa Tiongkok dan sektor teknologi di bursa Korea.

Pasar Eropa menguat di tengah kekhawatiran akan potensi resesi Jerman. Pasar AS ditutup menguat ditopang sektor teknologi dan penguatan dolar AS.

“Menyikapi beberapa kondisi tersebut diatas, untuk hari ini, Rabu (09/1/2019), kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 6185-6215 dan resistance range 6355-6375,” sebut analis NH Korindo dalam riset yang dirilis Rabu (09/1/2019).

Adapun pasar Asia pagi ini dibuka menguat dibandingkan penutupan kemarin ditopang oleh pernyataan presiden AS yang akan terus meningkatkan kerja sama dengan Tiongkok agar pasar finansial AS dapat melanjutkan rally penguatan yang telah terjadi 3 hari berturut -turut.

Sementara dari domestik, sentimen negatif diperkirakan berasal dari pemangkasan produksi batu bara nasional oleh Menteri ESDM sebesar 9% menjadi 480 juta metrik ton. Pemangkasan ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan pelemahan permintaan yang berasal dari Tiongkok. World Bank sendiri telah memangkas pertumbuhan global dari 3,0% menjadi 2,9%.