ANALIS MARKET (16/1/2019) : Seiring Penguatan Harga Batu Bara, IHSG Diestimasi Bergerak Menguat Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, mengikuti bursa global, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup rebound kemarin (15/1), ditopang oleh sektor konsumer, masifnya net foreign buy, dan penguatan rupiah. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Basic Industry (+2.43%), Property (+1.87%), Infrastructure (+1.79%).

Sementara itu, pasar global mengalami rebound kemarin (15/1), seiring penantian investor akan keputusan Brexit dan dimulainya musim rilis kinerja keuangan emiten AS.

Di tengah kekhawatiran akan pelambatan ekonomi Tiongkok, pasar Asia ditutup naik.

Adapun penguatan pasar Eropa ditopang oleh sektor health care dan otomotif, di tengah rilis data ekonomi Jerman yang di bawah ekspektasi.

“Menyikapi beberapa kondisi tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak menguat dengan support range 6300-6340 dan resistance range 6420-6450,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (16/1/2019).

Lebih lanjut riset juga menyebutkan, batu bara mengalami penguatan sebesar 2,26% menjadi USD99,70/ton.

Dengan penguatan harga jual batu bara, diperkirakan emiten batu bara akan turut berimbas sentimen positif atas kembali menguatnya harga batu bara.

Adapun harga minyak mentah dunia juga mengalami penguatan sebesar 3,17% menjadi USD52,11/bbl. Penguatan harga minyak mentah dunia diperkirakan akan memberikan sentimen negatif bagi emiten yang harga bahan baku produksinya sangat bergantung kepada harga minyak bumi.

“Saat ini pasar Asia sudah memasuki earnings season, investor akan kembali mencari-cari emiten dengan fundamental yang tetap kokoh dan bertumbuh,” jelas analis NH Korindo.

Adapun beberapa aksi korporasi yang dilakukan para emiten berikut ini, juga layak dicermati para pelaku pasar, antara lain;

MNCN : Menargetkan Pertumbuhan Pendapatan 10%

CTRA : Siap Melunasi Obligasi Rp220 Miliar

KRAS : Membidik Pertumbuhan Penjualan 40%

MAPI : Akan Menambah 200 Gerai Baru