Jasa Marga Akan Terbitkan KIK EBA Senilai Rp2 Triliun

foto : istimewa

Pasardana.id - Jasa Marga akan menerbitkan Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) senilai Rp2 triliun. Hal ini diambil dari aset yang akan disekuritisasi yakni Jalan Tol Jagorawi selama lima tahun nanti.

“Ini sedang diproses OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, surat konfirmasi sedang ditunggu dari Direktorat Jenderal Pajak mengenai pajak yang akan dibebankan," kata Donny Arsal, Direktur Keuangan PT Jasa Marga Tbk di Jakarta, kemarin.

Dengan demikian, pernyataan efektif diharapkan terbit pada Juli 2017. Sosialisasi KIK EBA juga sudah dilakukan Jasa Marga kepada investor pada bulan lalu yang mendapat respon positif.

“KIK EBA merupakan penghimpunan dana dengan sekuritisasi aset berbasis pendapatan masa depan," jelas Donny.

Selain itu, Jasa Marga sedang memproses pemeringkatan produk KIK EBA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Diharapkan, memperoleh peringkat rating AAA dari Pefindo.

“Jika KIK EBA ini mendapatkan peringkat AAA, maka Jasa Marga juga akan menawarkan produk tersebut dengan nilai premium di pasar sekitar 25 - 50 basis poin, dengan tingkat pengembalian diperkirakan mencapai 8% - 9% per tahun," tandasnya.