Potensi Sektor Kelautan US$ 1,2 Triliun Belum Tergarap Maksimal

foto : istimewa

Pasardana.id - Sebagai negara kepulauan, masa depan Indonesia sejatinya berada di laut. Potensi ekonomi sektor kelautan pun sangat besar, diperkirakan mencapai US$ 1,2 triliun yang dapat didayagunakan, karena 70 persen atau 2/3 wilayah Indonesia merupakan laut.

Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan mempercepat pembangunan sektor kelautan.

"Kita akan menjadi menjadi negara besar apabila dapat menjaga dan memanfaatkan potensi kelautan yang besar secara arif. Sektor kelautan bisa menjadi penggerak ekonomi kita di masa datang," kata Presiden Jokowi, saat memimpin rapat terbatas Kabinet Kerja di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2016) kemarin.

Sayangnya, hingga saat ini, potensi besar tersebut belum tergarap maksimal. Indonesia yang luas wilayah lautnya mencapai 70 persen, kontribusi sektor kelautan di bawah 30 persen terhadap PDB.

"Potensi ekonomi sektor kelautan di Indonesia adalah US$ 1,2 trilun per tahun. Dan, sektor kelautan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja 40 juta orang. Masih banya potensi kelautan kita yang belum dimanfaatkan secara maksimal," kata Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi mencontohkan Jepang, yang merupakan salah satu negara yang ekonominya bergantung pada sektor kelautan. Sektor kelautan mampu memberikan kontribusi 48,5 persen atau setara US$ 17.500 miliar bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Jepang.

Selain itu, Thailand yang hanya memiliki garis pantainya sepanjang 2.800 km mampu menyumbang devisa sebesar US$ 212 miliar.