Menkeu : Rasio Utang Masih di Level Aman

foto : istimewa

Pasardana.id - Saat ini, rasio utang Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) dan terhadap postur APBN, masih dalam level yang aman. Pemerintah pun terus menjaga batas aman tersebut.


Meskipun demikian, Pemerintah harus membayar bunga utang yang jatuh tempo tahun ini, dengan total sebesar Rp191 triliun. Sementara, target penerimaan pajak yang ditetapkan Rp1.318,9 triliun. Kalau dirasiokan, cicilan bunga utang masih di bawah 15 persen.


"Intinya masih di atas 10 persen sedikit (14 persen) dari total penerimaan pajak yang kita pakai untuk bayar bunga utang," ujar Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2016).


Asal tahu saja, guna membiayai program Pemerintah yang tidak dapat didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Pemerintah mengandalkan sumber lain, salah satunya pinjaman atau utang.


"Tentunya kita akan terus menjaga batas aman pinjaman, apakah itu dalam bentuk pagu dalam APBN maupun dalam rasio utang terhadap PDB. Dan juga kita perhatikan bunga utangnya," tandas Bambang.