Dana Kelolaan Tumbuh 30 Persen Tahun 2023, Insight Invesment Raih Ini

Foto : Dok. Insight IM

Pasardana.id - Manajer Investasi PT Insight Investments Management (Insight IM) meraih pertumbuhan dana kelolaan sebesar 30 persen pada tahun 2023.

Direktur Utama Insight IM, Ekiawan Primaryanto menerangkan, pertumbuhan tersebut ditopang produk andalan yakni Reksa Dana Pasar Uang seperti Reksa Dana Insight Money (I-Money) yang membukukan kinerja sebesar 5,35 persen.

Kinerja ini jelas mengungguli indeks yang kami jadikan benchmark reksa dana pasar uang," kata Ekiawan, Jumat (12/1/2024).

Selain itu, kata dia, Reksa Dana Pendapatan Tetap seperti Reksa Dana Insight Renewable Energy Fund (I-Renewable) memiliki total return sepanjang 2023 yang mampu mengungguli benchmark, yakni mencapai 7,94 persen.

Lebih lanjut dia bilang, capaian itu terbilang mengungguli produk MI lain ditengah volatilitas pasar yang masih tinggi akibat berbagai peristiwa keuangan baik di pasar global maupun domestik mengakibatkan dana kelolaan di industri reksa dana Indonesia cenderung stagnan.

“Bahkan mengalami penurunan. Di sisi lain, dana kelolaan Insight IM mampu meningkat di atas 30 persen,” jelas Ekiawan dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (11/01/2024).

Sedangkan dari sisi investor, ia menyarankan melirik Reksa Dana Indeks Insight Sri-Kehati Likuid (I-SRI Likuid).

Selain memiliki kinerja yang sangat baik, sebesar 8,6 persen, I-SRI Likuid menunjukkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan benchmark dan indeks-indeks lainnya seperti Infovesta Equity Fund Indeks, LQ45, dan IHSG.

Performa baik ini didorong oleh capital gain dan dividen yang didapatkan dari underlying sahamnya,” terang dia.

Ekiawan berharap, dengan meningkatnya dana kelolaan dan kinerja Insight IM di tengah tren penurunan dana kelolaan industri, rasa percaya investor terhadap Insight IM juga semakin meningkat.

“Bertumbuhnya dana kelolaan produk-produk Reksa Dana kami tentu diiringi pula dengan bertumbuhnya kualitas serta kuantitas program kontribusi sosial yang kami lakukan. Insight IM selalu mengedepankan prinsip Transforming Investments into Social Impact,” jelas Ekiawan.

Sejalan dengan kinerja yang baik, maka sepanjang tahun 2023 lalu, Insight IM telah menyabet 12 penghargaan produk reksa dana terbaik.

Pada sisi lain, kata dia, Insight IM tetap menjalankan program-program CSR  seperti telah berhasil memberikan beasiswa kepada 118 mahasiswa dari 23 provinsi di seluruh Indonesia.

Hal serupa juga terlihat pada program-program kesehatan yang berhasil membantu banyak orang mendapatkan akses kesehatan, terlebih program pencegahan stunting untuk 286 balita di 4 provinsi di Indonesia.

Dari segi sosial kemanusiaan dan keagamaan, sebanyak 37.585 orang telah terbantu lewat beragam program; mulai dari pembangunan akses air, bantuan pendidikan agama, hingga bantuan bagi penyandang disabilitas.

Begitu pun pemberdayaan masyarakat yang telah membantu 291 orang untuk dapat lebih memiliki akses terhadap kesetaraan ekonomi melalui pelatihan kewirausahaan berkelanjutan.