OJK Kaji Pengaturan Pemeringkatan Reksa Dana

Foto : Dok. OJK

Pasardana.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mengkaji untuk menerbitkan peraturan terkait perlindungan investor produk reksa dana.

Salah satu yang akan dicantumkan dalam kebijakan itu, tentang pemeringkatkan produk reksa dana terbuka.

Rencana itu disampaikan Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK, Hoesen dalam paparan publik pertemuan tahunan industri keuangan, di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

“Untuk reksa dana open end, Kita ada upaya melihat lagi terkait dengan perlindungan investornya, dalam bahasa kita, investor Stewardship,” kata Hoesen.

Dia menjelaskan, dalam rancangan peraturan itu, nantinya akan memuat panduan kepada investor reksa dana mulai dari memilah dan membeli produk yang diracik oleh Manajer Investasi.

“Kami lagi bicara dengan asosiasi (Asosiasi Manajer Investasi) untuk bikin yang namanya rangking dan rating dari Manajer Investasi dan produk reksa dana,” ungkap dia.

Sementara untuk produk reksa dana close end, jelas dia, akan terus digenjot pemahaman produk, hingga kemampuan menghasilkan produk jenis reksa dana ini.

“Kami juga meninjau skema reksa dana ini umumnya tidak langsung, sebab ada yang menggunakan KIK (Kontrak Investasi Kolektif) atau SVP (Special Vehicle Purpose) yang menimbulkan perlakuan pajak untuk beberapa pihak, yang bisa habis di jalan. Ini juga salah satu isunya,” tandas dia.