Investasi TLKM Pada GOTO Kian Buntung

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Telekomunikasi Tbk (IDX: TLKM) akan mengalami tekanan pada kinerja keuangan tahun 2022, karena nilai investasi pada PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO) kian turun.

Pasalnya, pengerakan GOTO pada pasar reguler terus mengalami penurunan dalam tiga bulan perdagangan bursa.

Berdasarkan pantauan Pasardana.id, GOTO sempat menyentuh puncak dalam tiga bulan belakangan di level 344 pada tanggal 19 Agustus 2022, tapi kemudian melorot hingga menyentuh level 193 pada penutupan perdagangan Selasa (25/10/2022) sore ini.

Terlebih, pemegang saham pra-IPO GOTO mulai dapat menjual saham yang dimilikinya mulai tanggal 30 November 2022. sehingga tekanan jual pada GOTO kian besar. 

Adapun Telkomsel membeli GOTO dengan harga Rp272 per lembar. Jika mengacu pada penutupan sore ini, nilai investasi TLKM pada GOTO telah turun 29 persen.

Menanggapi hal itu, pengamat Pasar Modal, Yanuar Rizky mengatakan, tekanan jual pada GOTO akan membebani nilai investasi TLKM melalui Telkomnsel dan juga nilai reksa dana dengan GOTO menjadi salah satu konstituennya.

“Persoalannya, yang terbebani penurunan harga GOTO itu TLKM dan juga reksa dana. Jadi potensi marking the closing. yang disuruh stabilisasi ya TLKM untuk laporan keuangan tahun 2022,” terang dia.

Ia menambahkan, rencana para pemegang saham Seri A GOTO akan menjual sahamnya setelah masa penguncian berakhir pada tanggal 30 November 2022 merupakan bukti dari pernyataannya terkait pengerekan valuasi GOTO melalui suntikan modal TLKM, guna memudahkan pemegang saham lama untuk keluar dari GOTO.

“Di DPR saya katakan sebelum IPO, pemegang saham lama exit dikerek uang masuk Telkomsel. Jadi, aneh kalau Telkomsel mau posisi long (investasi jangka panjang) pada GOTO. Apa Telkomsel mau disuruh beli lagi saham exit lock up itu?” jelas dia.

Adapun pemegang saham yang dapat menjual GOTO sejak berakhir masa penguncian pada tanggal 30 November 2022, antara lain; Garibaldi Thohir, GOTO Peopleverse Fund, SVF GT Subco (Singapore) Pte Ltd, dan Taobao China Holding Limited.