Menteri Investasi Beberkan Sejumlah Keunggulan KIT Batang Kepada Investor Asal Inggris

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Di acara Indonesia Investment Forum 2021, Kamis (27/5/2021), Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia memaparkan sejumlah keunggulan dari Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di hadapan pengusaha asal Inggris.

Tak hanya dinilai memiliki nilai prestisius, menurut Kepala BKPM itu, KIT Batang juga memiliki sejumlah keunggulan, antara lain; berada di dalam Kawasan segitiga emas. Dimana lokasinya tidak jauh dari jalur transportasi yang strategis. 

"Ada di posisi segitiga emas, hanya 350 m dari tol, punya airport internasional, port yang luar biasa, rel kereta api," ujar Bahlil.

Ditambahkan, selain berada di posisi strategis, infrastruktur pendukung KIT Batang pun sudah lengkap. Bahkan, kawasan tersebut pun memiliki harga tanah yang lebih murah.

"Saya jamin tanah di sini (KIT Batang) lebih murah, juga clear and clean. Nanti pemerintah di bawah Kementerian Investasi/BKPM akan membantu bapak/ibu (investor) semua," tutur Bahlil.

Selain itu, menurut Bahlil, pemerintah melalui Kementerian Investasi menjanjikan kemudahan perizinan hingga lokasi industri bagi para investor Inggris. 

"Tagline baru kami, silakan investor membawa teknologi, membawa capital (modal), membawa sebagian modal, nanti izinnya, kemudian lokasi industrinya, nanti biarlah negara yang ikut hadir dalam mengurusnya," ujar Bahlil.

Lebih lanjut Bahlil mengungkapkan, cara baru tersebut sengaja dihadirkan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memperbaiki iklim investasi di Indonesia. 

Selain itu, terobosan itu perlu dihadirkan untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik antara pemerintah dan investor.

"Ini adalah sebuah kerja sama yang baik antara pelaku usaha dengan pemerintah," tandasnya.