BPS Catat Maluku dan Papua Sumbang Angka Kemiskinan Tertinggi di Indonesia

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase penduduk miskin terbesar berada di wilayah Pulau Maluku dan Papua.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, wilayah tersebut memberikan kontribusi sekitar 20,65 persen dari total jumlah kemiskinan pada September 2020.

Adapun rinciannya, jumlah penduduk miskin di Pulau Maluku dan Papua mencapai sekitar 1,53 juta orang. Itu terdiri atas 139 ribu orang di perkotaan dan 1,28 juta orang yang berada di pedesaan.

"Terlihat bahwa persentase penduduk miskin terbesar berada di wilayah Pulau Maluku dan Papua, yaitu sebesar 20,65% ," ujar Suhariyanto dalam video virtual, Senin (15/2/2021).

Sementara dari sisi jumlah, sebagian besar penduduk miskin masih berada di Pulau Jawa yakni mencapai 14,75 juta orang. Jumlah tersebut terdiri dari 8,10 juta di perkotaan dan 6,64 juta di perdesaan.

"Sedangkan jumlah penduduk miskin terendah berada di Pulau Kalimantan," jelas dia.

Adapun untuk kemiskinan di Pulau Kalimantan mencapai 1,01 juta orang. Jumlah itu terdiri dari penduduk miskin di perkotaan mencapai 375 ribu orang dan di perdesaan sebanyak 640 ribu orang.

"Kalau kita lihat komposisi penduduk miskin antara kota dan desa persentase penduduk miskin di pedesaan masih jauh lebih tinggi dibandingkan di kota," tandasnya.