ANALIS MARKET (28/01/2021) : IHSG Terlihat Bergerak 'Bearish'

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Kiwoom Sekuritas menyebutkan, IHSG terlihat bergerak dalam arah bearish.

Pelaku pasar mulai khawatir bahwa angka infeksi terus melonjak ditengah tingkat hunian tempat tidur rumah sakit (BOR) yang dimiliki mencapai 63,66%, telah terlampaui ambang batas aman yang ditetapkan oleh WHO pada tingkat 60%. Adapun beberapa daerah seperti Jakarta dan Banten bahkan memiliki tingkat BOR di atas 80%.

Di sisi lain, pasar saham Amerika dibuka turun dari 2% dalam semalam, salah satunya karena Fed cenderung pesimis, menandai perlambatan dalam pemulihan ekonomi tahun ini.

Adapun secara teknikal analis, IHSG ditutup melemah dengan candle bearish. Indeks telah menyentuh level support harmonic di Fibonacci 61,8%, dan telah berhasil arah terbalik.

Indikator stochastic terlihat mendekati area oversold, garis MACD melemah dan volume turun. Jika indeks tidak bisa menembus level 6.154, berpotensi bisa jatuh kembali turun ke level support di kisaran 6.013 - 6.073. Sebaliknya, jika IHSG mampu menguji level 6.154, potensi breakout akan menguat ke resistance di level 6.174 - 6.252.

“Kita menyarankan untuk berhati-hati, indeks diindikasikan untuk berada dalam tren turun jika tidak dapat berbalik ke level 6.308 dalam waktu dekat,” sebut analis Kiwoom Sekuritas dalam riset yang dirilis Kamis (28/01/2021).