ANALIS MARKET (09/4/2020) : Pasar Diperkirakan Cenderung Mixed Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, Indeks saham di Amerika Serikat tercatat menguat semalam (08/4), di tengah beberapa berita penting, seperti mundurnya Bernie Sanders dari konvensi Partai Demokrat, memberikan kepastian politik bahwa Donald Trump akan menghadapi Joe Biden sebagai lawan tandingnya, serta sentimen positif dari minyak.

Dow Jones dan S&P 500 ditutup menguat 3,4% sementara Nasdaq menguat 2,6%. 

Di sisi lain, Indeks di Eropa cenderung mixed, seiring dengan belum sepakatnya negara-negara Eropa terkait dengan kebijakan stimulus fiskal.

Euro Stoxx 600 tercatat menguat 0,02%, sementara FTSE 100 melemah 0,47%. 

Secara bersamaan, minyak WTI tercatat menguat 7%, seiring dengan komentar Presiden OPEC dan Menteri Energi Aljazair, Mohamed Arkab, yang memberikan optimisme bahwa pertemuan virtual OPEC++ hari ini akan menghasilkan kesepakatan baru. 

Sementara itu, nilai tukar rupiah tercatat stabil cenderung menguat pada kisaran Rp16.150. 

Dari dalam negeri, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, pemerintah akan menunda dan menangguhkan pembangunan proyek-proyek infrastruktur sebagai konsekuensi dari adanya realokasi dan pengutamaan ulang APBN 2020.

Pembangunan proyek infrastruktur yang sifatnya jangka panjang akan diperlambat proses pembangunannya.

Hal ini seiring dengan pemotongan belanja pemerintah pusat sebesar Rp87,5 triliun. 

Di sisi lain, hari ini (09/4), pemerintah direncanakan akan memulai program Kartu Pra Kerja di empat wilayah, yaitu Bali, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Surabaya.

Calon peserta dapat mendaftar terlebih dahulu di situs www.prakerja.go.id  untuk selanjutnya diproses lebih lanjut. Di antara manfaat kartu ini adalah pelatihan kerja dan manfaat tunai.

Adapun diperdagangan Kamis (09/4) pagi ini, Nikkei 225 tercatat melemah 0,25%, Hang Seng menguat 0,4%, dan Kospi menguat 0,9%. 

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan cenderung mixed hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Kamis (09/4/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.