ANALIS MARKET (02/4/2020) : Inflasi Maret yang Menurun Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, bahwa hingga Maret 2020, sektor stabilitas industri jasa keuangan masih solid yang ditopang intermediasi kinerja positif dan terkendalinya profil risiko.

Kebijakan dan stimulus OJK pun turut mendukung stabilitas industri jasa keuangan, dan tentunya penilaian OJK menjadi pertimbangan mendasar bagi pelaku pasar ketika mengoleksi saham-saham large cap sektor perbankan sehingga sektor ini pada penutupan perdagangan Rabu (01/04/2020), mencatatkan net foreign buy Rp136 miliar.

Meskipun investor asing tetap melirik sektor perbankan, IHSG masih membukukan net foreign sell Rp69 miliar.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terdepresiasi 0,86 persen ke level 16.450.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup melemah 4,44% ke level 20.943 setelah Presiden Trump memperingatkan AS telah menghadapi dua pekan "menyakitkan" pandemi corona.

Di sisi domestik, BPS merilis inflasi Maret 2020 sebesar 0,1% yang turun dari 0,28% pada Februari.

Penurunan inflasi refleksi dari perlambatan ekonomi karena serangan COVID-19 dan indikator koreksi turun ekonomi IH20 yang pemulihannya tergantung kecepatan penanganan wabah COVID-19.

“Beragam kondisi tersebut diatas, berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Kamis (02/4/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik.