Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan Elpiji Aman Selama Pandemik Virus Corona

Foto : istimewa

 

Pasardana.id - Pertamina memastikan ketersediaan pasokan BBM dan LPG dalam kondisi aman, baik untuk saat ini maupun hari-hari ke depan, di tengah pandemik virus corona.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, pihaknya menjamin produksi, distribusi, hingga pemasaran produk perseroan lancar selama wabah Covid-19.

“Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona, Pertamina juga menyemprotkan disinfektan pada tabung-tabung LPG, fasilitas SPBU dan penerapan prosedur tambahan untuk petugas SPBU, seperti penggunaan masker, sarung tangan dan hand sanitizer," ujarnya, seperti dilansir dari keterangan tertulis, Kamis (26/3).

Ditambahkan, Pertamina juga mengoptimalkan layanan pengantaran atau Pertamina Delivery Service melalui Call Center 135 untuk mendukung imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah (work from home- WFH).

Lebih lanjut diungkapkan, kegiatan WFH berpengaruh pada konsumsi BBM dan LPG. Tercatat, konsumsi BBM tercatat turun, namun LPG justru naik.

“Stok ini akan terus ditambah sesuai dengan jadwal suplai yang telah direncanakan berdasarkan tingkat konsumsi masyarakat di setiap wilayah,” ujar Fajriyah.

Berdasarkan data Pertamina, sejak penerapan WFH, Senin (16/3/2020), konsumsi harian BBM tercatat 123,74 ribu kiloliter (KL), turun 8 persen dari rata-rata normal 134,87 ribu KL.

Sementara konsumsi LPG rumah tangga naik, baik subsidi maupun nonsubsidi. Konsumsi gas subsidi naik 0,7 persen dari 21,93 ribu metrik ton menjadi 22,10 ribu metrik ton.

Adapun konsumsi gas nonsubsidi naik 5,4 persen dari konsumsi normal harian 2,05 ribu metrik ton menjadi 2,16 metrik ton.