ANALIS MARKET (25/11/2020) : Pasar Diperkirakan Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Rabu (25/11), antara lain;

1.Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, pemerintah menyiapkan 44 aturan turunan Undang-Undang Cipta Kerja, yang terdiri atas 40 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden. Aturan turunan tersebut dapat diimplementasikan pada 2 Februari 2021. Susiwijono menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 30 peraturan pelaksanaan yang selesai dibahas. Jumlah tersebut terbagi dalam 27 RPP dan 3 Perpres. Sedangkan 14 rancangan regulasi lainnya sedang diselesaikan.

2.Tiongkok diperkirakan akan kembali dengan perkembangan ekonomi yang lebih “tepat” tahun depan, kata Perdana Menteri Li Keqiang, yang menunjukkan rebound kuat setelah penurunan dalam akibat pandemi tahun ini. Setelah mengalami pukulan keras pada kuartal pertama, ekonomi pulih dan akan membukukan pertumbuhan positif tahun ini, kata Li pada konferensi pers bersama Selasa bersama para pemimpin enam lembaga ekonomi internasional, termasuk Dana Moneter Internasional dan Organisasi Perdagangan Dunia. China baru-baru ini menyusun rencana 5 tahun dan 15 tahunnya untuk ekonomi, dengan menguraikan ambisi untuk menggandakan ukuran produk domestik bruto pada tahun 2035.

3.Diperdagangan Rabu (25/11) pagi ini, indeks Kospi naik 0,85% dan Nikkei 225 naik 1,39%. Di sisi lain, indeks futures di Amerika Serikat, Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq juga tercatat naik bersamaan masing-masing sebesar 0,04%, 0,10% dan 0,20%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, hari ini pasar diperkirakan menguat,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Rabu (25/11/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.