Bakal Jadi Tuan Rumah WEF 2020, Indonesia Fokuskan Tema Human Capital

Foto : Istimewa

Pasardana.id - Indonesia didapuk menjadi tuan rumah penyelenggara World Economic Forum (WEF) atau Forum Ekonomi Dunia 2020. Forum ekonomi bergengsi dunia yang digelar setiap tahun ini rencananya akan berlangsung di Jakarta pada Juni 2020.

Delegasi World Economic Forum (WEF) meminta izin langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Indonesia bersedia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan alias Annual Meeting WEF Tahun 2020.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan tema yang diusulkan Indonesia selaku tuan rumah ialah mengenai human capital. Tema tersebut sejalan dengan arah kebijakan pemerintahan Jokowi Widodo lima tahun mendatang.

"Tadi Presiden sudah menyampaikan lima tahun ke depan kita fokus ke human capital. Jadi nanti nuansa dari annual meeting-nya adalah human capital. Itu aja sih intinya," ujar Bambang di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.  

Bambang juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi meminta para delegasi WEF mengundang para pengusaha kondang hingga bos-bos perusahaan teknologi, termasuk Unicorn di ASEAN yang ada hubungannya dengan peningkatan kualitas SDM. 

Hal ini agar pertemuan bergengsi itu membantu Indonesia dalam mendesain pengembangan sumber daya manusia Indonesia ke depan.

"Ya intinya kita bisa lebih memahami bagaimana menyiapkan human capital dalam rangka menghadapi industri 4.0, makanya yang ingin diundang adalah CEO-CEO global, mereka yang sudah terbiasa berhadapan dengan tantangan industri 4.0," ungkapnya.

Oleh karena itu, pemerintah tak menargetkan nilai investasi yang diperoleh dari pertemuan tersebut. Pemerintah fokus mempelajari sudut pandang negara lain dalam mengembangkan human capital mereka.

"Kita lebih fokus kepada framework bagaimana kita memperbaiki SDM sendiri karena WEF itu kan bukan sarana menarik investasi," pungkasnya.

Adapun Forum Ekonomi Dunia sebelumnya digelar di Davos, Swiss pada 22-25 Januari 2019 lalu. WEF merupakan organisasi internasional non-profit dalam hal kerja sama pemerintah dan swasta yang didirikan di Swiss.

Forum ini melibatkan para pemimpin politik, bisnis, dan masyarakat terkemuka lainnya untuk membentuk agenda global, regional, dan industri.

Dilansir dari laman resmi WEF, mitra yang hadir dalam forum itu yakni pihak Facebook, IBM Corporation, Allianz, Chevron, Nestle, Visa, juga komunitas-komunitas lain.