ANALIS MARKET (01/7/2019) : Hubungan AS - Tiongkok Membaik, Cermati Saham Sektor Konstruksi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup menguat pada akhir pekan lalu (28/06), ditopang oleh sektor perbankan dan aneka industri.

Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Misc. Industry (+0.9%), Finance (+0.6%), dan Agriculture (+0.4%).

Sedangkan INNI Index menguat 0,11% ditopang oleh saham ANTM (+1,6%) senada dengan kenaikan harga emas global. Penguatan harga emas global ini dipicu oleh kekhawatiran pelaku pasar atas ketidakpastian global sehingga pelaku pasar lebih memilih untuk invest di safe haven.

Riset juga menyebutkan, pada Jumat (28/6) lalu, IHSG menerima aliran dana asing Rp9,2 triliun dengan sektor perbankan mencatatkan aliran sebesar Rp400miliar.

Siam Cement Group Limited mengakuisi perusahaan PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) dengan total transaksi senilai Rp9,6 triliun. FASW merupakan emiten kertas dengan prospek positif: potensi peningkatan konsumsi kertas karena tingginya kebutuhan kertas kemasan.

Selain itu, investor domestik mencatakan net buy sebesar Rp31miliar di sektor perbankan dan Rp14 miliar dan sektor agrikultur.

Sementara itu, akhir pekan lalu (28/6), Dow Jones ditutup menguat 0,28% ke level 26.599 yang ditopang oleh peningkatan 2,5% saham-saham perbankan large cap., seperti J.P. Morgan Chase, Goldman Sachs, dan Bank of America setelah lulus uji stress test tahunan Federal Reserve (Fed).

Selain itu, Trump memutuskan untuk tidak akan mengenakan tarif tambahan terhadap produk-produk Tiongkok.

Dari sisi domestik, data inflasi Mei 2019 dijadwalkan akan rilis pada Senin (01/07).

“Hari ini perhatikan saham-saham konstruksi,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Senin (01/7/2019).