Fuad Rizal Ditunjuk Sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama Garuda Indonesia

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pemerintah memastikan menunjuk Fuad Rizal yang saat ini menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), untuk menjadi Pelaksana Tugas Direktur Utama maskapai kebanggaan nasional tersebut.

Sebelumnya, Menteri BUMN, Erick Thohir mencopot I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara selaku Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) karena diduga terlibat penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Menanggapi hal tersebut, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan, bahwa jabatan pelaksana tugas (Plt) sifatnya hanya sementara.

Kementerian BUMN akan secepatnya menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

Menurut Arya, tidak hanya posisi Direktur Utama yang diperhatikan, tapi seluruh jajaran Direksi menjadi sorotan.

“Plt bukan waktu tetap, yang utama nanti kita lihat siapa Dirut dan Direksi yang ditetapkan. Formasi baru belum tahu dan belum ada gambaran siapa yang akan jadi Dirut,” ungkapnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/12).

Sementara itu, di tempat terpisah, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menilai, terkait pengawasan keselamatan penerbangan tidak ada masalah karena ditangani oleh Direktur Operasi dan Direktur Teknik.

“Kalau masalah keselamatan adalah domain Direktur Operasi dan Direktur Maintenance. Sudah sesuai dengan kualifikasi, tentu keamanan tidak bermasalah,” jelasnya kepada pers usai acara konferensi pers Transport Ministers Meeting and Related Meetings di Jakarta, Jumat (6/12).

Pernyataan Menteri Budi Karya tersebut menanggapi kemungkinan adanya kekosongan jabatan Dirut Garuda setelah pemberhentian Ari Askhara.

Ia memastikan, pemerintah tidak akan membiarkan kekosongan posisi tertinggi maskapai nasional itu, terlebih saat ini menjelang musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.