BEI Tetapkan Pelaksanaan T+2 Tanggal 26 Nopember Mendatang

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan tanggal 26 Nopember 2018 sebagai hari pelaksanaan sistem penyelesaian transaksi setelah dua hari. Hal itu tertuang dalam Pengumuman SRO (Self Regulator Organitation) yakni BEI, KSEI dan KPEI.

Direktur BEI, Alpino Kianjaya mengatakan, keputusan itu diambil setelah melihat kesiapan BEI, KSEI dan KPEI serta seluruh anggota Bursa.

“Jadi kami harap, direksi BEI yang baru bisa melanjutkannya,” jelas dia di Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Dalam surat tersebut dijelaskan, perdagangan pada tanggal 23 Nopember menjadi  hari terakhir pelaksanaan siklus penyelesaian T+3 . Sehingga SRO, Anggota Bursa, Bank Kustodian, vendor sistem dan nasabah pada akhir hari tersebut melakukan deploy sistem dan penyesuaian parameter yang diperlukan untuk siklus penyelesaian T+2.

Untuk memastikan sistem berjalan lancar, maka akan dilakukan pengujian pre live oleh SRO, anggota bursa, bank Kustodia, vendor sistem dan nasabah untuk memastikan kesiapan sistem T+2.

Ditambahkan, pada hari pertama pelaksanaan T+2 pengabungan kliring secara netting atas transaksi tanggal 23 Nopember dan tanggal 26 Nopember serta seterusnya dengan penyelesaian jatuh tempo pada tanggal 28 Nopember 2018.