Ryanair Catatkan Rekor Laba Tahunan

foto: istimewa

Pasardana.id - Ryanair DAC telah mencatatkan rekor laba tahunan meski sempat harus membatalkan ribuan penerbangan pada September tahun lalu akibat berlangsungnya kesalahan manajemen para pilot maskapai penerbangan yang berpusat di Dublin, Republik Irlandia tersebut.

Seperti dilansir BBC News, Senin (21/5/2018), laba tahunan Ryanair naik 10 persen pada tahun fiskal lalu, menjadi 1,45 miliar euro atau sekitar Rp24,16 triliun.

Meski demikian, pihak manajemen Ryanair memberi peringatan bahwa untuk setahun kedepannya keadaan akan menjadi lebih sulit bagi maskapai penerbangan tersebut akibat terjadinya peningkatan biaya. Menurut CEO Ryanair Michael O’Leary, perusahaan akan berada di sisi pesimistik dari kondisi waspada untuk tahun fiskal saat ini.

Jumlah penumpang naik 9 persen menjadi 130,3 juta pada periode 12 bulan sampai akhir Maret 2018. Peningkatan jumlah penumpang dipicu turunnya biaya perjalanan di Jerman, Italia, dan Spanyol, tiga negara dengan perkembangan pasar terbesar.

Ryanair memperkirakan akan mengangkut penumpang lebih banyak 7 persen pada tahun fiskal ini. Namun pertambahan jumlah penumpang tersebut juga dibarengi dengan peningkatan biaya sebesar 9 persen, termasuk biaya staf dan bahan bakar, dan tidak diiringi peningkatan harga tiket penerbangan.

Tahun lalu kesalahan manajemen para pilot menyebabkan 20.000 penerbangan Ryanair harus dibatalkan. Akibatnya Ryanair mulai mempertimbangkan pembentukan serikat pekerja.

Saham Ryanair Holdings Plc, yang merupakan perusahaan induk Ryanair, melonjak 2,5 persen di awal perdagangan Senin (21/5/2018) di Bursa Efek London, Inggris.