KPPU Ancam Perusahaan Berpraktik Tidak Sehat

foto : istimewa

Pasardana.id - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama sembilan asosiasi perusahaan meneken fakta integritas melakukan praktik bisnis sehat. Jadi, tindakan tegas akan dilakukan KPPU apabila perusahaan ini masih memainkan harga barang di pasar.

"Kami telah memantau harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah seperti Jambi, Medan, Balikpapan, Makassar, dan Surabaya," kata Ketua KPPU Syarkawi Rauf di Jakarta, belum lama ini.

Penyebab kenaikan harga barang di pasar diakuinya berbeda antara satu daerah dengan daerah lain. Jadi, langkah ini ditangani dnegan kebijakan tidak sama.

"Ini butuh partisipasi kementerian pusat dan Pemda dalam persoalan mekanisme distribusi komoditas pangan kita," ucapnya.

Sementara itu, penetapan tarif batas minta dihapuskan KPPU, karena harga tiket pesawat untuk keberangkatan Lebaran mahal. Tarif ini ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebesar 30% dari tarif batas atas,

Penetapan tarif murah ditakutkan KPPU keselamatan penumpang tidak diperhatikan maskapai penerbangan. Langkah ini juga membuat penurunan pendapatan perusahaan,

KPPU meminta alasan penetapan tarif bawah dikemukakan Kemenhub secara terbuka. Kementerian ini juga diminta memeriksa maskapai penerbangan yang memberikan tarif penerbangan murah.