Lufthansa Terima Paket Bantuan dari Pemerintah Jerman

foto: istimewa

Pasardana.id - Maskapai penerbangan Lufthansa pada Senin (25/5/2020) mengumumkan akan menerima paket bantuan senilai 9 miliar euro, atau sekitar Rp147,3 triliun, dari pemerintah federal Jerman.

Seperti dilansir Xinhua, Lufthansa akan menerima 5,7 miliar euro dalam bentuk partisipasi non aktif di aset perusahaan, dengan 4,7 miliar euro di antaranya dalam bentuk kepemilikan saham.

Sedangkan bantuan lainnya berupa fasilitas kredit sindikasi senilai 3 miliar euro dengan partisipasi bank pembangunan KfW.

Pemerintah Jerman akan terlibat dalam dewan pengawasan Lufthansa, dengan salah satu anggota dewan tergabung dalam komite audit.

Lufthansa sebetulnya beroperasi dengan sehat dan mampu meraup keuntungan sebelum pandemi virus Corona (COVID-19) berlangsung. Namun akibat berlangsungnya pembatasan penerbangan secara masif dalam upaya menghambat penyebaran virus tersebut, kondisi keuangan Lufthansa menjadi terpuruk.

Pendapatan Lufthansa turun 18 persen menjadi 6,4 miliar euro pada kuartal I 2020. Pada Maret, pendapatan terjun 47 persen.

Lufthansa rencananya akan mulai beroperasi pada Juni, kembali menawarkan rute penerbangan ke 130 destinasi wisata di seluruh dunia.